Playlist

Sabtu, 24 Agustus 2013

Friendship and Love (Inspired by @kinalJKT48)


Saat itu, ketika aku mewakili sekolah ku untuk bertanding Basket antar pelajar tingkat kota di sekolah lain, aku tak sengaja menyenggol seorang cewe ketika aku melakukan pemanasan.
“Eh, sorry. Kamu ngga papa kan?” kataku.
“Iya ngga papa kok.” Katanya sambil membersihkan bajunya.
“Oiya, nama kamu siapa? Aku Ari.”
“Kinal. Kamu bentar lagi tanding ya? Semangat ya!”
“Iya nih, makasih ya!”
“Iya, sama-sama. Aku kesana dulu ya”
“Oke.”

Seketika aku langsung bersemangat dalam menjalankan pertandingan itu. Singkat kata, Tim ku memenang kan pertandingan. Dan ketika ku dalam perjalanan ke parkiran, aku bertemu Kinal lagi.
“Hey Kinal!”
“Hey Ari, tim kamu menang ya tadi? Wah, selamat ya!”
“Iya.. Makasih ya! Eh, kamu pulang sama siapa?”
“Ga tau nih, aku juga lagi nunggu jemputan. Mana cuacanya mendung lagi.”
“Yaudah pulang sama aku aja, mau ngga? Itung – itung sebagai permintaan maaf ku atas kejadian tadi.”
“Ga ngerepotin nih? Boleh. Yuk! Ntar keburu hujan lagi.”

Kami pun berangkat. Di tengah perjalanan, apa yang kami takutkan akhirnya terjadi juga. Hujan tiba-tiba turun. Aku dan Kinal meneduhkan diri di sebuah halte.
“Yah, hujan ri. Padahal aku pengen cepat pulang. Banyak yang harus aku kerjakan di rumah.”
‘Yaudah, kamu pake jaket aku aja. Kita langsung kerumah mu. Deket lagi juga kan?”
“Ntar kamu sakit lagi? Iya sih.”
“Ngga papa kok nal. Yuk!”
Aku memacu motor ku dengan kencang, tetapi tetap hati-hati. Singkat kata, samailah aku di rumah Kinal.
“Kinal, aku langsung pulang ya! Assalamualaikum”
“Loh, ngga mampir dulu? Yaudah deh, hati-hati ya! Waalaikumsalam”

Akhirnya aku pun pulang. Keesokan harinya aku cerita ke sahabat ku. Namanya Hakim. Dia orangnya emang baik banget.
“bro, kemaren gua ketemu cewe cantik bro.”
“masa? Ketemu dimana lu?”
“ketemu di sekolah tempat gua tanding kemaren bro.”
“Wah, keren tuh! Lanjutin dah ri! Gua pasti dukung elo terus.”
“Matep bro! Eh, gebetan lu yang kemaren gimana? Udah ada kemajuan?”
“Ya gitu deh. Intinya kita mesti selow dulu bro.”
“Jangan selow mulu, ntar keduluan yang lain baru tau rasa lo! Hahaha”
“Ngga lah, yang ini udah gua pagerin ri.. hahaha”
“Eh, siapa sih gebetan lu?”
“Ada deh, ntar aja gua kenalin lo ke dia. Lo tanding kapan lagi sih? Gua mau nonton nih. Skalian ngajak nge-date gebetan gua.”
“Elaah, ngajak nge-date yang gratisan lu. Modal dikit lah hahaha. Minggu depan kim.”
“Oke deh, gua nonton. Sekalian gua kenalin gebetan gua ke elu.”
“Oke bro!”

Semakin hari, yang ada di kepalaku hanya lah seorang Kinal. Aku tidak tahu kenapa. Mungkin mulai suka sama dia. Dan rencananya, Aku bakal nembak dia dan persembahin kemenangan ku buat dia minggu depan. Seminggu telah berlalu, Hari pertandingan pun tiba. Pertandingan itu pertandingan Final. Musuh kami terkenal dengan permainan kerasnya, tetapi tidak meruntuh kan semangat kami untuk memenangkan pertandingan.
Pertandingan pun dimulai. Ditengah pertandingan, aku minta diganti oleh pelatihku karena aku merasakan sakit di dada ku akibat bertabrakan dengan pemain lawan. Dan akhirnya kami memenangkan pertandingan.
“Ari! Lu ngga papa kan tadi? Selamat ya bro! Lu udah menangin pertandingan ini.”
“Gapapa bro, dada gua cuman nyeri aja tadi. Thank you bro! Oiya, gebetan lu mana?”
“Bentar ye, gua panggilin.. Nah ri, kenalin Kinal”
“Ari?”
“Kinal?”
“Kalian udah pada kenal?”
“Iye kim hahaha.”

Seketika aku terdiam. Ternyata, orang yang selama ini aku sukai itu adalah gebetan dari sahabat aku sendiri. Aku bingung, apa yang harus aku lakuin sekarang. Tiba-tiba sakit di dadaku semakin parah.
“Ri, Lu ngga papa?”
“Dada gua makin sakit kim”
“Yaudah, gua anter lu ke rumah sakit ye”

Aku pun ke rumah sakit dengan di antar Hakim, Kinal, dan beberapa teman ku. Aku pun di periksa dokter. Dokter berkata kepadaku dan keluarga ku kalau aku terkena penyakit jantung sudah dari 2 tahun yang lalu. Aku tidak menyangka kalau sakit dada yang aku derita ini akan bertambah parah. Dokter memvonis umur ku tinggal 3minggu lagi. Aku berpesan kepada dokter dan orang tua ku, agar memberitahukan kepada teman-teman ku bahwa aku baik baik saja.

“Kim, ada yang mau gua sampein ke elo”
“Apa ri?”
“Sebenernya, cewe yang gua suka itu, gebetan lu kim. Gua juga ngga nyangka hal ini bakal terjadi. Dan gua udah memutuskan buat mundur. Jadi, lu yang gua percaya bisa bikin dia bahagia.”
“Apa? Jadi yang selama ini lo ceritain itu Kinal?”
“Iya Kim, gua ngerasa jadi sahabat yang paling bodoh di dunia. Oiya, kemaren dokter bilang kalo gua punya penyakit jantung dan dokter nge-vonis umur gua tinggal 3 minggu lagi kim. Jangan cerita ke orang-orang, jangan bilang Kinal juga.  cukup elu aja yang tau.”
“Ah lu jangan becanda ri. Masa umur di becandain”
“Ngga kim, Gua Serius.”
“Oke, gua bakal bantuin lo biar lo sama Kinal”
“Ngga usah bro. Gua ngga mau ada orang lain lagi yang repot karna gua.”
“Kalo lu maunya gitu, oke gua akan ngejauh dari Kinal. Demi persahabatan kita.”
“Lu ngga perlu ngelakuin itu semua. Gua udah banyak nyusahin lu kim.”
“Ngga, pokoknya gua mau ngelakuin itu.”
“Terserah lu dah kim. Lu yang milih mau ninggalin Kinal.”

2 minggu berlalu. Aku berencana uuntuk menyatukan Kinal dan Hakim.
“Kim, guan emu cewe yang pas buat lu! Gua tunggu 6 hari lagi di taman kita biasa nongkrong. Dia pake baju Merah, Rambutnya sebahu, duduk di Kursi biasa. Oke!” Isi pesan ku ke Hakim.
“Kinal, ketemuan yuk! Aku mau ngomong sama kamu, tapi 6 hari lagi ya! Di taman tengah kota, Jam 7 malam. Iget, kamu mesti pake baju merah ya! Duduknya di kursi nomor 2! Thanks!” Pesan ku ke Kinal.

6 Hari kemudian…
Aku sengaja berdiri agak jauh dari taman itu. Kinal datang pertama kali. Lalu, Hakim nymperin dia. Aku bisa mendengar percakapannya dari sini.
“Loh, Kinal?”
“Hakim? Kamu ngapain disini?”
“Aku diajak Ari ketemuan sama dia. Kamu ngapain?”
“Sama.. Kok jadi aneh gini ya!”
“Iya nih..”

Lalu, aku datang menghampiri mereka.
“Kinal, Hakim. Gua sengaja ngajak lu berdua ketemuan disini, cuman mau nyatuin lu berdua. Gua tau, kalian sama-sama sayang kan? Gua bisa liat itu dari tatapan mata kalian. Kim, lu jangan pernah ngecewain Kinal ye!  Lu jangan pernah juga bikin dia sebel, sedih, ataupun nangis. Kinal, kamu nurut ya sama Hakim, aku yakin dia itu cowo yang tepat buat kamu. Inget pesan terakhir gua buat kalian berdua ye! Goodbye!”
“Ari, kamu mau kemana? Jangan ngomong kaya gitu, bikin aku sedih tau ngga!”
“Kamu mau tau yang sebenarnya? 2 minggu 6 hari yang lalu, sakit jantungku tambah parah. Dan dokter memvonis hidup aku tinggal 3 minggu lagi. Dan aku pengen bikin kamu sama Hakim berdua bahagia. Dengan cara mempersatukan kalian. Mungkin dengan ini aku akan merasa bahagia di alam sana. Thanks for everything. Hakim, lu sahabat terbaik yang pernah gua milikin! Goodbye!”

Aku pun pergi dengan perasaan bahagia, dan siap untuk besok. Besoknya, aku menghembuskan nafas terakhir. Semua orang terlihat sedih saat itu. Aku telah merasa tenang dan bahagia melihat teman baikku bahagia bersama orang yang dia sayang.

Terkadang, mengorbankan perasaan diri sendiri untu seseorang yang jauh lebih pantas bukanlah hal yang bodoh. Bukan penyesalan yang kita dapat, malah kebahagiaan yang luar biasa.



Tamat

By: Al Ghifari Atila Lutfi

1 komentar: